PROPOSAL USAHA
MARTABAK MINI
“MAMI”

DISUSUN
OLEH : RATIH KUMALA DEWI
XII
AK1/21
SMK 1 WONOSARI
Jl.
Veteran, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta
Telp.
(0274) 391054
2013/2014
LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL USAHA
MARTABAK MINI “MAMI”
Disusun
Oleh :
Nama
: Ratih Kumala Dewi
NIS : 1115525
Kelas /No : XIIAK1/21
TELAH
DIUJIKAN DAN DIPRESENTASIKAN DI DEPAN PENGUJI
Penguji
I Penguji II
Drs. Bambang Sudaryono Dra. Anastasia Onik Kartikaningsih, M.Pd
NIP.1956077 198602 1 004 NIP.
19641005 199003 2 005
SMK 1
WONOSARI
Jl. Veteran, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta
Telp. (0274) 391054
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan ke-Hadirat Allah SWT, Karena
berkat limpahan berkah dan rahmat-Nya sehingga proposal ini dapat diselesaikan
dengan baik.
Tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk menyelesaikan
tugas akhir uian praktik mata pelajaran kewirausahaan. Selain itu proposal ini
juga digunakan sebagai acuan untuk merencanakan suatu usaha yang bisa
menghasilkan keuntungan. Dengan proposal ini, penyusun dapat mengetahui apa
saja hambatan-hambatan yang akan dihadapi dan strategi apa yang harus
dilakukan, serta bagaimana cara untuk membuat pasar dan menanggulangi
hambatan-hambatan tersebut.
Dalam menyelesaikan proposal ini penyusun tidak lepas dari
bantuan dan dorongan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima
kasih kepada :
1.
Drs. Mudji Muldjatna, MM selaku kepala SMK N 1 Wonosari
2.
Bapak Bambang Sudaryono selaku guru pembimbing kewirausahaan
3.
Orang tua kami yang memberikan bantuan moril maupun materil
4.
Semua pihak yang telah membantu dalam penyusuna proposal ini
Penyususn menyadari bahwa proposal ini jauh dari sempurna.
Oleh karena itu, penyusun mengharap kritik dan saran dari pembaca untuk
kesempurnaan proposal selanjutnya. Semoga proposal ini bermanfaat khususnya
bagi penyusun dan umumnya bagi pembaca.
Wonosari, Maret 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Halaman Pengesahan............................................................................... i
Kata Pengantar......................................................................................... ii
Daftar Isi.................................................................................................. iii
Deskripsi Umum...................................................................................... iv
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.......................................................................... 1
B. Perumusan Visi Usaha............................................................. 1
C. Perumusan Misi Usaha............................................................ 1
D. Tujuan Usaha........................................................................... 2
E. Diskripsi Usaha......................................................................... 2
BAB II : PEMBAHASAN
A. Aspek Produk............................................................................ 3
B. Aspek Pemasaran..................................................................... 6
C. Aspek Manajemen.................................................................... 7
D. Aspek Keuangan...................................................................... 8
E. Aspek Break Event Point.......................................................... 9
F. Perhitungan Laba Rugi.......................................................... 10
G. Arus Kas (Cash Flow)............................................................. 10
H. Aspek Yuridis.......................................................................... 10
BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................. 11
B. Saran....................................................................................... 11
LAMPIRAN..................................................................................................
DESKRIPSI UMUM
A.
Data Perusahaan
Nama Perusahaan : Usaha Dagang “MARTABAK MINI”
Bentuk Perusahaan :
Perseorangan
Bidang Usaha :
Usaha Martabak
Tempat Kedudukan Usaha
: KarangmojoII,Karangmojo, Gunungkidul
Jumlah Tenaga Kerja :
1 (satu orang)
Nomor Telepon : 08975439345
Nomor Fax :
-
Alamat Email :
martabakminimami@yahoo.co.id
B.
Data Pemilik Perusahaan
Nama Pemilik : Ratih
Kumala Dewi
Jabatan : Pemilik
Perusahaan
Tempat & Tanggal Lahir
: Jakarta, 23 Mei 1996
Alamat Rumah : KarangmojoII,Karangmojo , Gunungkidul
Pendidikan Terakhir : Sekolah
Menengah Kejuruan Jurusan Akuntansi
Nomor Telepon
: 08975439345
Nomor Fax : -
Alamat Email :
martabakminimami@yahoo.co.id
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dalam dunia
kewirausahaan, tentu erat dengan adanya persaingan. Persaingan dalam dunia
usaha sangat ketat, para wirausahawan berlomba-lomba menciptakan berbagai
produk dengan aneka bentuk dan beragam makanan dari yang kecil hingga yang
besar, dari yang murah hingga yang mhal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak
sekali aktivitas yang dijalani setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin
padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat
untuk kesehatan tubuh. Salah satu produk yang potensial, sederhana, dan
istimewa adalah “MARTABAK MINI (MAMI)”. Karena pembuatan makanan ini dilakukan
dengan cara yang sangat sederhana dengan lebih baik dan higienis, bahan aku
mudah didapat, tanpa bahan pengawet, harga yang terjamgkau, juga dengan rasa
yang enak, nikmat, mengandung protein dan juga lezat, sehingga usaha ini memang
layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternative di Indonesia.
B.
PERUMUSAN VISI USAHA
· Menjadikan usaha ini mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan mengembangkan
usaha ini menjadi usaha yang memiliki produk bernilai tambahn, nerkualitas,
sehat dan bergizi.
C.
PERUMUSAN MISI USAHA
· Membuat martabak mini aneka rasa
· Memasarkan martabak mini di pasar tradisional maupun pasar
modern.
· Menjaga kualitas produk dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas
· Melakukan pelayanan prima
D.
TUJUAN USAHA
Usaha ini bergerak dalam penjualan Martabak Mini dengan
aneka rasa . Usaha ini dilakukan untuk
menambah penghasilan. Selain itu juga untuk melatih jiwa seorang wirausaah agar
mampu menjalankan usaha dengan baik.
E.
DISKRIPSI USAHA
Usaha yang akan dilaksanakan merupakan usaha perorangan.
Tanggungjawab atas usaha ini sepenuhnya ditanggung oleh pemilik usaha. Jadi
segala sesuatu yang terjadi dalam produksi ditanggung oleh pemilik. Produksi
dilakukan disuatu tempat yang strategi yaitu tempat yang ramai, serta dekat
dengan pelanggan.
Usaha ini meliputi pembelian bahan bahu, kemudian diolah
sedemikian rupa sehingga bahan baku tersebut menjadi barang jadi yang siap
dikonsumsi konsumen dan tentunya memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Aspek Produk
1.
Jenis Produk
Jenis produk yang dibuat adalah Martabak Mini
2.
Volume Produk
Banyaknya produk yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan
konsumen dan untuk mendapatkan laba adalah 120 buah/ hari.
3.
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan usaha ini dilaksanakan mulai pukul
4.
Bahan dan Peralatan
NAMA BAHAN
|
KETERANGAN
|
CARA MEMPEROLEH
|
Tepung terigu
|
Ada
|
Membeli
|
Telur
|
Ada
|
Membeli
|
Ragi
|
Ada
|
Membeli
|
Gula pasir
|
Ada
|
Membeli
|
Soda kue
|
Ada
|
Membeli
|
Garam
|
Ada
|
Membeli
|
Vanili
|
Ada
|
Membeli
|
Margarin
|
Ada
|
Membeli
|
Susu kental manis
|
Ada
|
Membeli
|
Keju
|
Ada
|
Membeli
|
Messes & coklat
|
Ada
|
Membeli
|
Kacang sangria
|
Ada
|
Membeli
|
Air
|
Ada
|
-
|
Aneka selai
|
Ada
|
Membeli
|
Aneka buah
|
Ada
|
Membeli
|
NAMA PERALATAN
|
KETERANGAN
|
CARA MEMPEROLEH
|
Plat baja
|
Ada
|
Membeli
|
Loyang martabak mini
|
Ada
|
Membeli
|
Baskom
|
Ada
|
Membeli
|
Kompor gas
|
Ada
|
Membeli
|
Serok kue
|
Ada
|
Membeli
|
Kuas kue
|
Ada
|
Membeli
|
5.
Jumlah tenaga kerja
Usaha ini
merupakan usaha kecil perorangan. Untuk saat ini tenaga kerja yang dibutuhkan
hanya 1 orang yaitu pemilik.
6.
Biaya produksi (per bulan)
a. Bahan Baku
·
Tepung terigu 60 kg Rp 900.000,00
·
Gula Pasir 12 kg Rp 120.000,00
·
Ragi Rp 90.000,00
·
Telur 150 buah Rp 360.000,00
·
Garam halus 600 gr Rp 90.000,00
·
Soda kue 120 gr Rp 120.000,00
·
Vanili 200 gr Rp 120.000,00
·
Air 8000 ml Rp -
Jumlah Rp 1.800.000,00
b. Bahan penolong
·
Susu kental manis Rp
300.000,00
·
Margarin Rp 250.000,00
·
Keju Rp 300.000,00
·
Messes & coklat Rp 300.000,00
·
Aneka selai Rp 300.000,00
·
Aneka buah Rp 300.000,00
·
Gas/ bahan bakar Rp 450.000,00
·
Plastik, kertas roti Rp 200.000,00
·
Kacang sangrai Rp 250.000,00
Jumlah Rp 2.650.000,00
Jumlah biaya produksi Rp
4.450.000,00
7.
Proses produksi
·
Kocok telur hingga berbuah
·
Masukkan kocokan telur ke
dalam tepung terigu secara perlahan sambil diaduk-aduk
·
Setelah merata, masukkan
ragi instan kedaladm adonan hingga membentuk biang dengan mendiamkan minimal 3
jam.
·
Masukkan gula, garam
secukupnya, vanili dan soda kue hingga merata kemudian diamkan kembali sampai
adonan mengeluarkan bui.
·
Panaskan cetakan kue diatas
plat baja agar panas merata kemudian olesi dengan margarin.
·
Setelah cetakan sudah
panas, tuang adonan kedalam Loyang martabak mini dengan ketebalan kurang lebih
1cm.
·
Tutup Loyang dan tunggu
hingga adonan berpori dan mongering pinggirnya
·
Angkat adonan dan olesi
dengan margarine secukupnya
·
Olesi susu diatasnya
·
Tambahkan selai atau toping
sesuai selera
- Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini
ialah sebagai berikut :
a.
Rencana Jangka Pendek
Usaha Martabak Mini yang kami rintis ini bertujuan untuk
menambah pengalaman kerja di dalam usaha bisnis bagi kalangan sesame pelajar/mahasiswa
maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan
sebagai usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.
b.
Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan
demi mewujudkan impian kami, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang
sukses. Strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan
usaha kami kedepan. Pelanggan ialah raja, maka dari tu kepuasan pelanggan
menjadi yan utama dan segalanya, karena tanpa pelanggan usaha ini tidak akan
bertahan lama. Tidak lupa kami rajin melakukan promosi usaha, baik dari mulut
ke mulut, media online, brosur, dan media lainnya.
c.
Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebihj
meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami. Tidak lupa kami akan membangun
jaringan dengan pabrik roti maupun tok oroti untuk mendapatkan bahan baku dan
tanpa mengalami hambatan.
B.
Aspek Pemasaran
1.
Segmen Pasar
Dalam segmen ini yang akan kami jadikan sasaran utama adalah semua umur, mulai dari
anak-anak sampai orang dewasa yang gemar makanan ini serta semua kalangan mulai
dari kalangan bawah sampai kalangan atas, mulai dari pelajar sampai petinggi
negara juga banyak yang menyukai makanan ini.. Dengan demikian akan mempermudah
dalam penjualan dan meningkatkan omset dalam penjualan.
2.
Strategi pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan pada tahap awal adalah
menjual martabak mini “mami” kepada masyarakat sekitar sebagai konsumen di
Kecamatan Karangmojo. Tahap berikutnya saya akan menjualkan di Kecamatan
Wonosari dan tahap ke-3 saya sudah bias menguasai pasar di seluruh Kabupaten
Gunungkidul.
3.
Strategi promosi
Agar produk lebih dikenal masyarakat, promosi yang akan
dilakukan adalah :
·
Membuat papan nama didepan
usaha
Papan nama memudahkan calon konsumen dalam memesan produk
dan mengenal produk yang ditawarkan
·
Informasi dari orang ke
orang
Dengan adanya masyarakat di sekitar produsen yang mengetahui
usaha ini, akan lebih cepat tersebarnya informasi mengenai usaha ini. Mulai
dari mulut ke mulut, melalui internet (facebook, twitter, blogger, dll).
4.
Penetapan harga jual
Harga jual ditetapkan dengan metode penentuan harga biaya
plus (cost push pricing method
Harga Jual per Unit
= Biaya Total + Margin
Jumlah Produksi
=
Rp 4.450.000 + (50% x Rp 4.450.000)
3.600
=
Rp 6.675.000
3.600
=
Rp 1.875 = Rp 2.000
5.
Sistem penjualan
Penjualan produk ini dipasakan langsung kepada konsumen,
sehingga konsumen dapat langsung datang ketempat usaha ada juga yang dititipkan
di kantin-kantin sekolah.
C.
Aspek Manajemen
1.
Tim Manajemen
Usaha dagang ini dijalankan sendiri oleh usaha dengan
dibantu oleh keluarga dalam mengelola usaha
2.
Analisis SWOT
a.
Strength (Kekuatan)
ü Menjual produk untuk semua kalangan
ü Bahan produk yang terjamin, higienis dan sehat
ü Harga terjangkau
ü Penampilan menarik dan kecil, sehingga pembeli tak perlu
memotong lagi
ü Bentuknya kecil dan sesuai kebutuhan
ü Penyajian sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dan cepat
saji
ü Terdiri dari banyak rasa dan topping, sehingga konsumen dapat
memilih topping sesuai selera.
b.
Weakness (Kelemahan)
ü Produk tidak tahan lama
ü Produk mudah ditiru
ü Faktor tempat juga mempengaruhi, jika kurang ramai maka
permintaan sedikit
ü Jika cuaca sedang buruk, permintaan konsumen akan menurun
ü Faktor kenaikan harga sembako juga dapat mengurangi
permintaan dari konsumen
c.
Opportunity (Peluang)
ü Bisa menjadi alternative sebagai makanan pengganti cemilan
ü Karena martabak mini bisa dinikmati oleh semua usia dari
yang muda sampau tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
d.
Threath (Ancaman)
J Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga lebih murah
3.
Tindakan Alternatif
v Berusaha memproduksi makanan yang enak dan lezat
v Menjaga kebersihan makanan
v Mencari alternative bahan baku/ bahan penolong yang lebih
murah tetapi menjaga kualitas produk
D.
Aspek Keuangan
1.
Sumber Modal
Modal sendiri Rp
5.000.000
2.
Biaya produksi (1 bulan)
a. Biaya bahan baku :
o
Tepung terigu 60 kg Rp
900.000,00
o
Gula Pasir 12 kg Rp 120.000,00
o
Ragi Rp 90.000,00
o
Telur 150 buah Rp 360.000,00
o
Garam halus 600 gr Rp
90.000,00
o
Soda kue 120 gr Rp 120.000,00
o
Vanili 200 gr Rp 120.000,00
o
Air 8000 ml Rp -
Total Biaya Bahan Baku Rp
1.800.000,00
b. Bahan penolong :
o
Susu kental manis Rp
300.000,00
o
Margarin Rp 250.000,00
o
Keju Rp 300.000,00
o
Messes & coklat Rp 300.000,00
o
Aneka selai Rp 300.000,00
o
Aneka buah Rp 300.000,00
o
Kacang sangrai Rp 250.000,00
Total Biaya Bahan Penolong Rp
2.000.000,00
3.
Biaya Operasional
o
Gas/ bahan bakar Rp 450.000,00
o
Plastik, kertas roti Rp 200.000,00
o
Biaya air dan listrik Rp 250.000,00
Total Biaya Operasional Rp 850.000,00
4.
Biaya-biaya
o
Biaya lain-lain Rp 300.000,00
Total Biaya Rp
5.000.000,00
E.
Analisis Break Event Point
Biaya Variable :
·
Biaya Bahan Baku : Rp 1.800.000,00
·
Biaya Bahan Penolong : Rp 2.000.000,00
·
Biaya Operasional : Rp 900.000,00
·
Biaya – biaya : Rp 300.000,00
Jumlah Biaya Produksi Rp 5.000.000,00
Jadi untuk mencapai BEP usaha ini harus menjual produk
sebanyak 3.600 buah per 1 bulan, dengan
perhitungan
= Rp
5.000.000
Rp
2.000
= 2.500 buah
F.
Perhitungan Laba Rugi
Pendapatan 1 bulan Rp
2.000 x 3.60 = Rp 7.200.000,00
Biaya Produksi 1 bulan
· Biaya Bahan Baku Rp
1.800.000
· Biaya bahan Penolong Rp 2.000.000
· Biaya Operasional Rp 900.000
Rp 4.700.000,00
Biaya-biaya 1 bulan
Rp 300.000,00
Jumlah pengeluaran Rp 5.000.000,00
Laba 1 bulan Rp 2.200.000,00
G.
Arus Kas (Cash Flow)
KETERANGAN
|
BULAN I
|
BULAN II
|
Penerimaan :
|
Rp 7.200.000,00
|
|
Modal
|
Rp
5.000.000,00
|
|
Penjualan :
|
||
1 bulan : 3.600
x Rp 2.000
|
Rp
7.200.000,00
|
Rp 7.200.000,00
|
Jumlah
|
Rp 12.200.000,00
|
Rp 14.400.000,00
|
Pengeluaran :
|
||
Pembelian Bahan
|
Rp
4.700.000,00
|
Rp 4.700.000,00
|
Biaya-biaya
|
Rp
300.000,00
|
Rp 300.000,00
|
Jumlah
|
(Rp
5.000.000,00)
|
(Rp 5.000.000,00)
|
Saldo akhir
|
Rp
7.200.000,00
|
Rp
9.400.000,00
|
H.
Aspek Yuridis
Berikut ini adalah dokumen-dokumen maupun surat yang dapat
digunakan sebagai kekuatan hokum kepemilikan usaha :
Ø Kepemilikan SITU
Ø Kepemilikan SIUP
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dengan ini dapat disimpulkan bahwa suatu usaha dapat
berjalan dengan baik apabila manajemen dan perencanaannya disajikan dengan baik
dan matang. Begitu pula aspek permodalannaya menjadi hal yang sangat baik. Kita
harus dapat menggunakan modal yang kita punya dengan baik supaya kita bisa
mendapatkan laba yang maksimal dan yang kita inginkan. Jadi, segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha,
baik manajemen maupun ketersediaan modal sangat erat kaitannya antara satu
dengan yang lain.
B.
Saran
Proposal ini disusun sebagai gambaran tentang usaha yang
kami jalankan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan
kegiatan usaha. Agar usaha dapat berjalan dengan acuan maka, perlu dilakukan
langkah-langkah sebagai berikut :
J
Perencanaan yang matang
mengenai usaha yang akan dilaksanakan
J
Melakukan pengorganisasian
yang lebih spesifik sesuai dengan kegiatan
J
Menjalankan usaha tersebut
sesuai yang telah dilaksanakan
J Melakukan pengawasan terhadap usaha yang telah dijalankan
sehingga dapat diketahui kekurangan dan kelemahannya
J Mempernaiki kesalashan, kekurangan, kelenahan yang dapadt
diatasi semaksimal mungkin
thx ,
ReplyDelete