PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
KUE
PUTU AYU GULA MERAH
Disusun Oleh:
Nama : Ika Rahmi Winarti
Kelas : XII Akuntansi 1
No
Peserta : 05-101-135-2
SMK NEGERI 1 WONOSARI
Jl. Veteran Wonosari Gunung Kidul
2013/2014
LEMBAR
PENGESAHAN
Nama
Sekolah : SMK N 1 WONOSARI
Program Keahlian :
Akuntansi 1
Nama
Peserta : Ika Rahmi Winarti
Nomor
Peserta : 05-101-135-2
MEMBUKA
USAHA
“KUE
PUTU AYU GULA MERAH”
Wonosari, Maret 2014
Menyetujui,
Drs. Bambang Sudaryono
NIP : 1956077 198602 1 004
|
Dra.
Anastasia Onik Kartikaningsih, M.Pd
NIP.
19641005 199003 2 005
Mengetahui,
Drs. Mudji Muljatna,
M.M
NIP : 19570919 198503 1 016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan atas
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini.
Proposal ini disusun guna menjingkatkan
dan mengembangggkan wawasan dalam teknik berwirausaha dengan baik. Karena
seiring dengan perkembangan zaman ini seorang wirausaha dituntut untuk bisa
menjalankan dan melaksanakan usaha baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka
waktu panjang..
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan
proposal ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Oleh karena
itu penulis mengucapkan terimakasih atas tersusunnya proposal ini kepada:
1. Drs.
Mudji Muldjatna selaku kepala sekolah SMK N 1 Wonosari
2. Bpk.
Bambang Sudaryono selaku guru pembimbing mata pelajaran keewirausahaan
3. Orang
tua yang telah member dukungan
4. Teman-teman
yang telah membantu menyelesaikan tugas ini
Dalam penyusunan proposal ini penulis
menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan serta masih banyak
kesalahan. Maka dari itu pemnulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca
yang bersifat membangun untuk kesempurnaan proposal ini.
Penulis
berharap semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Terimakasih.
Penyusun,
Ika Rahmi Winarti
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ............................................................................................... i
HALAMAN
PENGESAHAN ................................................................................. ii
KATA
PENGANTAR ............................................................................................. iii
DAFTAR
ISI ............................................................................................................ iv
DISKRIPSI
UMUM ................................................................................................ 1
A. Nama
dan Alamat Perusahaan ...................................................................... 1
B. Data
Pemilik Perusahaan ............................................................................... 1
C. Informasi
Usaha ............................................................................................ 1
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang .............................................................................................. 2
B. Tujuan
Usaha ................................................................................................ 2
C. Manfaat
Usaha............................................................................................... 2
D. Visi
Usaha...................................................................................................... 2
E. Misi
Usaha .................................................................................................... 2
BAB
II ASPEK – ASPEK PEMBAHASAN
A. Aspek
Produk ............................................................................................... 3
B. Aspek
Pemasaran .......................................................................................... 4
C. Aspek
Teknis ................................................................................................. 5
D. Aspek
Managemen ........................................................................................ 6
E. Aspek
Keuangan ........................................................................................... 7
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan
................................................................................................... 10
B. Saran
............................................................................................................. 10
LAMPIRAN
DESKRIPSI
USAHA
A.
NAMA
DAN ALAMAT PERUSAHAAN
Nama Perusahaan :
Usaha Kue Putu Ayu Gula Merah
Bentuk Perusahaan :
Perseorangan
Bidang Usaha :
Perdagangan
Lokasi Usaha :
Dengok, Pacarejo, Semanu,GK
Jumlah Tenaga Kerja :
5 orang
B.
DATA
PEMILIK PERUSAHAAN
Nama Pemilik :
Ika Rahmi Winarti
Jabatan :
Pemilik
Tempat/tanggal lahir :
Gunungkidul, 8 April 1995
Pendidikan Terakhir :
SMK
C.
INFORMASI
USAHA
Usaha ini bergerak dalam bidang perdagangan yang
menjual makanan sejenis kue. Kue ini terbuat dari bahan tepung terigu ynag
ditambah dengan parutan kelapa dan gula merah.
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Dizaman yang semakin
modern ini persaingan untuk memenuhi kebutuhan manusia sangat ketat. Manusia
harus mempunyai kreativitas agar dapat bersaing. Salah satunya adalah
berwirausaha untuk menghasilkan produk yang bisa menarik masyarakat sehingga
bisa laku dipasaran.
Untuk itulah kami ingin
menciptakan usaha yang inovatif dan mempunyai peluang tinggi. Usaha ini didirikan karena belum banyaknya usaha
yang menggeluti bidang ini, sementara permintaan pasar yang sangatlah tinggi
dan terus menerus.
2.
Tujuan
Usaha
Tujuan dari usaha ini adalah
·
Mendapatkan pendapatan
·
Medirikan lapangan pekerjaan
·
Melatih untuk menjadi seorang wirausaha
3.
Manfaat
Usaha
·
Menambah wawasan dan pengalaman dalam
berwirausaha
·
Mengembangkan kreativitas untuk dapat
bersaing di pasaran
·
Membuka lapangann pekerjaan baru
sehingga mengurangi pengangguran
4.
Visi
Usaha
Menjadikan kue putu ayu
gula merah sebagai produk yang digemari oleh steiap kalangan masyarakat
5.
Misi
Usaha
·
Menghasilkan produk yang berkualitas
·
Memberikan pelayanan prima pada pembeli
·
Memilih tempat yang strategis
·
Melakukan promosi baik dengan
memperkenalkan langsung pada masyarakat maupun dengan memasang iklan di media
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
ASPEK
PRODUK
1. Jenis
Produk
Produk ini merupakan
produk makanan yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kelapa
parut dan gula merah. Makanan ini sangat nikmat dan cara membuatnyapun tidak
terlalu sulit.
2. Jumlah
Produk
Jumlah kue yang bisa
diproduksi dengan bahan yang telah disiapkan adalah sebanyak 100 buah setiap
harinya. Jadi setiap minggunya usaha ini dapat menghasilkan 700 buah kue putu
ayu gula merah.
3. Waktu
Produksi
Karena produk ini
dipasarkan setiap pagi hari maka proses produksinya dilakukan pada pukul 04.00
WIB setiap harinya.
4. Bahan
dan Peralatan
Bahan:
Tepung
terigu Kelapa
parut
Gula
merah sisir halus Garam
Telur Gula
pasir
Tepung
beras Baking
Powder
Santan
Air
secukupnya
Peralatan
dan perlengkapan
Soblok Kompor
Parutan Baskom
Piring Sendok
Pisau Plastik
Serbet cetakan
kue
5. Tenaga
Kerja
Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam usaha kue ini
adalah 3 orang, terdiri dari tenaga kerja produksi dan tenaga pemasaran.
6. Proses
Produksi
Ø Aduk
rata kelapa parut dan garam.
Ø Pipihkan
di dasar cetakan putu ayu yang dioles tipis dengan minyak.
Ø Kocok
telur, garam, gula merah, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang.
Ø Tambahkan
tepung terigu dan tepung baras sedikit-sedikit sambil diaduk berlahan
bergantian dengan santan.
Ø Tuang
di cetakan yang sudah dilapisi kelapa.
Ø Kukus
selama 15 menit sampai matang dengan api sedang
Ø Angkat
dan kue siap dipasarkan saat masih hangat
7. Rencana
perluasan produksi
Dalam memperluas daerah
pemasaran selain mendirikan warung sendiri, saya akan menitipkannya
diwarung-warung sehingga pembeli dapat membeli kue ini tanpa harus mendatangi
tempat kami. Selain itu saya juga akan
mempromosikan kue ini lewat internet.
B.
ASPEK
PEMASARAN
1)
Hasil
analisis
a)
Target
konsumen
Target pemasaran adalah
seluruh masyarakat, baik dari kalangan orang tua, anak muda , mauupun anak
kecil karena kue ini dapat dinikmati oleh siapapun.
b)
Kondisi
para pesaing
Usaha ini tidak
terlepas dari persaingan. Banyak kemungkinan muncul usaha yang sejenis diwaktu
yang akan dating. Namun dengan adanaya persaingan ini membuat kami harus lebih
mengembanggkan kreativitas dan inovasi agar masyarakat tetap menyukai kue ini.
c)
Potensi
pasar
Saaat ini masih sedikit
pengusaha yang mengembangkan produk ini sehingga peluang untuk mengembangkan
usaha ini masih besar.
2)
Rencana
pemasaran
a.
Strategi
pasar
Cara atau strategi
pemasaran usaha ini adalah dengan meningkatkan pelayanan dan mengembangkan
kreativitas sehingga akan memperluas daerah pemasaran dan memberikan kepuasan
pada konsumen.
b.
Strategi
promosi
ü Memperkenalkan
langsung pada masyarakat
ü Pemasangan
iklan di tempat usaha, di pinggir jalan, dan media lain yang dapat diketahui
oleh masyarakat
ü Membuat
brosur
c.
Penetapan
harga jual
Setiap 1 buah kue putu
ayu gula merah ini dijual dengan harga Rp 2.000.-
d.
System
penjualan
Sistem penjualan yang
digunakan yaitu dengan menjual secara langsung dan tunai pada masyarakat.
3)
Analisis
SWOT
a.
Strength
Kekuatan produk yang dimiliki adalah menggunakan
pelayanan prima. Selain itu kue putu ayu ini juga rasanya enak, mengandung
gizi, aman bagi kesehatan dan harganya relative murah tanpa adanya bahan
pengawet. Bahan-bahan yang diperlukanpun mudah diperoleh.
b.
Weakness
Kelemahan dalam usaha kue ini adalah banyak pesaing
yang memasarkan produk sejenis. Selain itu karena tidak menggunakan bahan
pengawet kue ini tidak dapat bertahan lama. Jadi, kue ini harus diusahakan
laku.
c.
Opportunity
Kue putu ayu ini berkualitas baik dan harganya
relative murah dan banyak digemari
masyarakat sehingga peluang masyarakat untuk membeli kue ini besar.
d.
Threath
Ancaman yang mungkin terjadi dalam menjalankan usaha
ini adalah muncul pesaing baru yang menjual produk sejenis sehingga harus
mengantisipasinya dengan terus meningkatkan kualitas kue.
C.
ASPEK
TEKNIS
1.
Display
Display yang digunakan yaitu mengatur tempat dengan
rapi. Selain itu juga dengan menyediakan meja dan kursi bagi para pengunjung
sehingga dapat membeli sekaligus menikmati kue ditempat ini.
2.
Tenaga
kerja
Tenaga kerja yang
diperlukan adalah 5 orang pekerja. 3 orang sebagai tenaga produksi yang
menangani proses produksi kue, dan 2 orang lainnya sebagai tenaga kerja
pemasaran yang melayani pembeli.
3.
Peralatan
kerja
No
|
Peralatan
|
Umur Manfaat
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Soblok
|
3 Tahun
|
3 Buah
|
Ada
|
2
|
Baskom
|
2 Tahun
|
2 Buah
|
Ada
|
3
|
Parutan
|
2 Tahun
|
2 Buah
|
Ada
|
4
|
Piring
|
5 Tahun
|
15 Buah
|
Ada
|
5
|
Pisau
|
2 Tahun
|
3 Buah
|
Ada
|
6
|
Sendok
|
5 Tahun
|
15 Buah
|
Ada
|
7
|
Kompor
|
5 Tahun
|
2 Buah
|
Ada
|
4.
Bahan
baku
No
|
Nama Bahan
|
Sumber
|
1
|
Tepung Terigu
|
Membeli
|
2
|
Gula Jawa
|
Membeli
|
3
|
Kelapa
|
Membeli
|
4
|
Telur
|
Membeli
|
5.
Bahan
penolong
No
|
Nama Bahan
|
Sumber
|
1
|
Tepung beras
|
Membeli
|
2
|
Garam
|
Membeli
|
3
|
Vanili
|
Membeli
|
4
|
Backing powder
|
Membeli
|
5
|
Air
|
Milik sendiri
|
D.
ASPEK
MANAGEMEN
a. Jenis
dan volume pekerjaan
Jenis pekerjaan dalam usaha ini adalah mengolah
bahan mentah atau bahan baku menjadi bahan jadi yang siap dikonsumsi dengan
jumlah yang belum terlalu besar.
b. Struktur
organisasi
Usaha ini masih dalam lingkup usaha keluarga
sehingga baik proses produksi maupun pemasaran dikelola langsung oleh satu
anggota keluarga.
c. Pembagian
pekerjaan
Dengan tenaga kerja 3 orang maka kegiatan produksi
dan pemasaran dilakukan secara bersama-sama.
d. System
balas jasa
Upah tenaga kerja diberikan setiap akhir minggu
e. Masalah
potensial
Masalah yang dihadapi untuk saat ini adalah dalam
hal penjualan. Apabila kue tidak habis dijual maka kue ini akan basi. Untuk
mengatasinya maka harus diusahakan agar kue ini cepat habis.
E.
ASPEK
KEUANGAN
1.
Modal
Ø Modal
sendiri Rp 3.000.000.-
Ø Bangunan Rp
10.000.000.-
Ø Tanah Rp
15.000.000.-
Rp 25.000.000.-
2.
Biaya-biaya
1)
Biaya
Variabel
a.
Biaya
bahan baku
Ø
Tepung Terigu Rp 70.000.-
Ø
Gula Jawa Rp 45.000.-
Ø
Telur Rp
30.000.-
Ø Kelapa Rp 20.000.-
Rp 165.000.-
b.
Biaya
bahan penolong
Ø
Tepung beras Rp 40.000.-
Ø
Garam Rp
5.000.-
Ø
Backing powder Rp 5.000.-
Ø
Vanili Rp
5.000.-
Rp 55.000.-
c.
Biaya
tanaga kerja
3
orang @Rp 100.000.- Rp
300.000.-
d.
Biaya
Tetap
Ø Biaya
Penyusutan Pralatan Rp
1000.-
Ø Biaya
Penyusutan Gedung Rp 1.000.-
Ø Biaya
Transportasi Rp 50.000.-
Ø Biaya Lain-lain Rp 10.000.-
Rp 62.000.-
Biaya
per minggu Rp
582.000.-
2)
Peralatan
dan Perlengkapan
Soblok Rp
60.000.-
Kompor Rp
500.000.-
Parutan ` Rp
5.000.-
Baskom Rp
10.000.-
Piring Rp
50.000
Sendok Rp
30.000.-
Pisau Rp
6.000.-
Plastik Rp
3.000.-
Serbet Rp
3000.-
Cetakan kue Rp
50.000.-
Jumlah Rp
717.000.-
3)
Jumlah
biaya operasional
Biaya
variable + biaya tetap
Rp 582.000.- + Rp 717.000.- Rp 1.299.000.-
3.
BEP
BEP = Jumlah beban usaha
Harga
jual per unit
= Rp
1.299.000.-
Rp 2.000.-
= 649 buah
4.
Arus
perputaran kas (cash flow)
Uraian
|
Bulan
|
||
I
|
II
|
III
|
|
Penerimaan
|
|||
Modal awal
|
3.000.000.-
|
3.863.000.-
|
5.443.000.-
|
Penjualan
|
2.100.000,-
|
2.100.000,-
|
2.100.000,-
|
Jumlah Penerimaan
|
5.100.000.-
|
5.963.000.-
|
7.543.000.-
|
Pengeluaran
Biaya bahan baku
Biaya bahan penolong
Biaya tenaga kerja
Pembelian peralatan
|
165.000.-
55.000.-
300.000.-
717.000.-
|
165.000.-
55.000.-
300.000.-
-
|
165.000.-
55.000.-
300.000.-
-
|
Jumlah pengeluaran
|
1.237.000.-
|
520.000.-
|
520.000.-
|
Modal akhir
|
3.863.000.-
|
5.443.000.-
|
7.023.000.-
|
5.
Perkiraan
laba rugi
Pendapatan/ minggu 700
x Rp 3.000.- = Rp 2.100.000.-
Biaya;
Biaya Variable Rp 581.500.-
Biaya Tetap Rp 717.000.-
Jumlah biaya =
Rp 1.299.000.-
Laba per minggu (minggu I) = Rp 801.000.-
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
o
Usaha ini bergerak dibidang produksi
yaitu memproduksi kue yang kemudian dijual kepada masyarakat.
o
Produksi ini dilakukan setiap hari
o
Produksi ini dikelola oleh anggota
keluarga
o
Pemasaran dilakukan secara langsung
B.
SARAN
o
Bimbingan dalam pembuatan proposal ini
perlu ditingkatkan agar pembuatan proposal tidak mengalami kesulitan
o
Untuk dapat lebih baik dikemudian harri
penulis mohon kritik dan saran yang membangun
itu dari jumlah beban usah 649, itu dapet dari mana ya ka?
ReplyDelete